|

Battle of Berlin


Dalam Perang Dunia II, Pertempuran Berlin adalah serangan terhadap Berlin oleh pasukan dari Uni Soviet dan Polandia pada bulan April dan Mei 1945. Serangan itu dilakukan oleh tiga Front Soviet, (lebih dari 2 juta tentara) dan 1st Polish Army (78,556 tentara). Persiapan untuk pertempuran sendiri berlangsung selama dua minggu,  di ikuti bombardir oleh ribuan senjata dan peluncur roket.

Pasukan bertahan Jerman adalah 12th Army, ditarik dari bagian front barat oleh Hitler secara khusus untuk mempertahankan kota. Namun anak-anak dan hari tua pensiunan juga ditekan untuk ikut serta dalam pertahanan kota.

Pada saat pasukan Soviet berusaha masuk ke pusat Berlin, pemimpin Jerman Adolf Hitler bunuh diri pada tanggal 30 April 1945. Dia menunjuk Laksamana Karl Dönitz sebagai Führer baru, yang merundingkan penyerahan diri kepada Sekutu pada tanggal 8 Mei 1945.

Sejarah Pertempuran Berlin Januari-Mei 1945
Front Timur telah relatif stabil sejak Agustus 1944. Jerman telah kehilangan Budapest dan sebagian besar Hungaria. Rumania dan Yugoslavia dipaksa untuk menyerah dan mengumumkan perang terhadap Jerman. Dataran Polandia terbuka bagi Tentara Merah Soviet.

Para komandan Soviet, setelah menunggu bagi Jerman untuk mengurangi jumlah tentara Polish Home Army, mengambil alih Warsawa pada Januari 1945. Selama tiga hari, di front yang lebar empat army groups(front) Tentara Merah mulai menyerang melintasi Sungai Oder dan dari Warsawa. Setelah empat hari Tentara Merah mulai bergerak 20-25 mil per hari, menaklukkan Baltik, Danzig, Prusia Timur, Poznan, dan berada tiga puluh enam mil di luar Berlin.

Sebuah serangan balik oleh Army Group Vistula yang baru dibentuk gagal pada Februari 24, dan Rusia melaju di Pomerania dan membersihkan tepi kanan Sungai Oder. Di selatan, tiga upaya untuk melepaskan kepungan terhadap Budapest gagal dan kota ini jatuh pada tanggal 13 Februari. Sekali lagi orang Jerman melakukan serangan balasan, Hitler memaksakan suatu objektif yang tidak mungkin terpenuhi untuk menduduki kembali sungai Danube. Pada tanggal 16 Maret serangan itu gagal dan Tentara Merah melakukan serangan balasan pada hari yang sama. Pada tanggal 30 Maret mereka memasuki Austria dan merebut Wina pada 13 April.

Hanya 1/12 atau kurang dari bahan bakar yang dibutuhkan oleh Wehrmacht yang tersedia. Produksi pesawat tempur dan tank turun, dan kualitasnya itu jauh lebih sedikit dari tahun 1944 . Perang ini jelas akan berakhir, tapi Jerman dapat bertahan selama hampir sebulan. Pertempuran itu akan menjadi sengit, kebanggaan nasional dan keinginan untuk mengulur waktu agar pengungsi untuk sampai ke front barat membuat unit-unit Jerman melawan hingga titik darah terakhir.

1 April 1945, Rusia berada di luar Berlin. Mereka membangun kekuatan selama dua minggu, mengetahui bahwa Berlin akan sangat susah direbut. Sekutu Barat yang direncanakan untuk menerjunkan pasukan payung untuk mengambil Berlin, akhirnya memutuskan untuk membatalkan. Eisenhower melihat tidak perlu menambah korban untuk menguasai sebuah kota yang akan berada dalam lingkup pengaruh Soviet setelah perang usai.

Adolf Hitler, yang tidak pernah berpikir pasukan pertahanan Berlin membela dengan gigih, memutuskan untuk tetap di kota. Pertempuran Berlin akan menjadi pertempuran yang menentukan antara Nazisme dan Komunisme.

Serangan itu dimulai dengan ribuan artileri dan roket yang disebut "Stalin Organ" selama berhari-hari. Pada tanggal 16, 1st Belorussian Fronts, 2nd Belorussian Fronts, dan 1st Ukrainian Front, yang berada di Berlin dari Utara, Barat, dan Selatan, diserang Tentara Merah. April 24 oleh tiga army groups telah berhasil mengepung Berlin.

Hari berikutnya 5th Guard Tank Army bertemu dengan US 1st Army di Torgau, Jerman di Sungai Elbe. Pada tanggal 20 April Hitler memerintahkan 12th Army menghadapi Amerika dan 9th Army untuk masuk ke Berlin dan membuka kepungan. Tak satupun unit yang berhasil melewati tentara Amerika

Nasib Berlin sudah terkepung, tapi perlawanan terus berlanjut. Berjuang itu berat, dari rumah ke rumah dan pertempuran tangan kosong. Soviet menderita 305.000 tentara tewas, sedangkan Jerman sebanyak 325.000 tewas, termasuk warga sipil.

Pada tanggal 30 April Adolf Hitler menikahi Eva Braun, mengambil sianida dan menembak dirinya sendiri. Berlin menyerah pada tanggal 2 Mei. Tentara Soviet menyerbu kota, memperkosa 100.000 perempuan Jerman dari segala usia dan penjarahan terjadi dimana - mana.

Pertempuran Berlin berakhir. Kerajaan Seribu Tahun Jerman berakhir dalam dua belas tahun, dan 40 juta orang meninggal. Penyerahan Jerman ditandatangani pada tanggal 7 Mei di Rheims, Perancis.

Partisipasi Polandia
Dalam pertempuran 1st Polish Army (78 556 tentara) ikut ambil bagian sejak 16 April ketika mereka menyeberang Oder . Tentara Polandia bergerak melalui Hohenzollern Channel dan melanjutkan serangan pada Kremmen, Flatow, Paaren dan Nauen. Tentara Polandia juga mengambil bagian dalam menguasai Brandenburg Gate.

Posted by administrator on 01.25. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Recently Commented

Recently Added